Inspirasi Belajar

Sebuah Inspirasi Perubahan

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
Nama Sekolah   :  ……………………………
Tema                    :  Diri Sendiri
Kelas/Semester  :  II / 1
Alokasi Waktu   :  3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn
  • Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS
·         Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA
·       Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·         Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara
·         Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca
·         Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
·          Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya  Keterampilan
  • Seni Rupa                  :  Mengapresiasi karya seni rupa.
  • Seni Tari                    :  Mengapresiasi karya seni tari
Kompetensi Dasar  :
1.   PKn
  • Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
2.   IPS
  • Memelihara dokumen dan koleksi  benda berharga miliknya
  • Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis
3.   IPA
·         Mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan , di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
  • Mengidentifikasi  cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
4.   Matematika
·         Membandingkan bilangan 1 sampai 500
  • Mengurutkan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia
  • Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
  • Mendeskripsikan isi puisi
·         Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·         Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat.
·         Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·         Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·         Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·         Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.
6.   Seni Budaya Keterampilan.
  • Mengenal unsure rupa pada karya seni rupa
  • Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa.
  • Mengidentifikasi gerak alam semesta
I.    Tujuan Pembelajaran****:
Siswa dapat  :
  • Menjelaskan arti rukun
  • Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
·         Menunjukkan dokumen diri dan keluarga
·         Menceritakan peristiwa yang berkesan  waktu kecil tentang diri dan keluarga  melalui dokumen.
·         Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi.
·         Menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
·         Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
·         Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
·         Menjelaskan sifat benda padat
·         Menjelaskan sifat benda cair.
·         Menentukan bilangan 1 samapai 500
·         Menentukan bilangan lebih besar.
·         Menentukan bilangan lebih kecil.
·         Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
·         Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
·         Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
·         Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
·         Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
·         Menyebutkan pengertian bilangan genap.
·         Menyebutkan pengertian bilangan ganjil.
·         Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.
·         Mengurutkan bilangan ganjil  dari 1 – 21
·         Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20.
·         Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·          Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·         Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·         Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
·         Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
·         Mendeklamasikan puisi
·         Menjelaskan isi puisi
·         Memperagakan percakapn
·         Membuat percakapan.
·         Memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
·         Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
·         Membaca teks dengan bersuara.
·         Mengajukan pertanyaan bacaan,
·         Menceritakan kembali isi bacaan.
·         Membaca puisi
·         menceritakan isi puisi..
·         Melengkapi cerita
·         Menyusun kalimat  menjadi cerita
·         Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·         Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
·         Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
·         Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
·         Mengelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
·         Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
·         Memilih objek benda alam yang menarik.
·         Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
·         Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
·         Membedakan gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
·         Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Hidup gotong royong.
·         Dokumen pribadi dan keluarga
·         Manfaat dokumen.
·         Bagian utama tumbuhan dan hewan
·         Sifat benda
·         Bilangan 1 – 500
·         Mengurutkan bilangan.
·         Mendengarkan teks pendek.
·         Deskripsi puisi.
·         Percakapan]
·         Puiai
·         Membaca teks pendek.
·         Menjelaskan isi puisi
·         Melengkapi kalimat.
·         Menulis.
·         Unsur rupa
·         Gerak alam semesta.
III. Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu ke 1
Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati bilangan yang ditulis di papan tulis dari bilangan 1 sampai 500.
F Siswa membaca bilangan dengan tepat.
F Menyimak teks pendek yang dibacakan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pemberian tugas siswa dapat menentukan anatara bilangan lebih besar dan lebih kecil.
F Melakukan tanya jawab tentang isi teks pendek yang dibacakan guru.
F Menceritakan kembali isi teks pendek dengan  bahasa sendiri.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke dua   3 x 35 menit  ( Matematika, Bahasa Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat mendeskripsikan isi puisi dengan menafsirkannya menggunakan bahasa sendiri
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan simbul <, >, =
F Siswa dapat membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan istilah lebih dari dan kurang dari.
F Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi puisi yang telah dibacakan.
F Melalui Tanya jawab siswa dapat menjelaskan tentang dokumen pribadi.
F Menyebutkan jenis – jenis dokumen pribadi dan keluarga.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat membandingkan dua  kumpulan benda dengan menggunakan istilah lebih dari  dan kurang dari.
F Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar dengan teliti.
F Siswa dapat menbaca kalimat percakapan dan melakukan percakapan di depan teman lainnya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke empat  3 x 35 menit. ( B. Indonesia,IPA,  PKn )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penuh percaya diri siswa dapat membuat kalimat percakapan bersama-sama.
F Dengan penjelasan guru siswa dapat memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan dan percobaan sederhana siswa dapat mengidentifikasi tumbuhan.
F Melalui diskusi dan tanya jawab siswa dapat menjelaskan arti rukun.
F Siswa dapat memahami cara hidup bergotong royong.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke lima  3  x 35 menit ( B.Indonesia, IPS,  Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang wajar dengan gerakan tubuh dan mimik yang tepart.
F Siswa membaca teks pendek dengan susra yang nyaring ( terdengar oleh orang lain)
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa melakukan tanya jawab tentang teks yang telah dibaca.
Melalui penugasan siswa menunjukkan dokumen diri dan keluarga.
F Siswa dapat memperlihatkan contoh akte kelahiran dan kartu keluarga.
F Melalui penugasan dari guru siswa dapat menulis bilangan dengan tepat.
F Siswa menulis bilangan secara urut dari 1 – 500.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke enam  3 x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, B.
Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Secara individual siswa membaca bilangan 1-500
F Melalui pengamatan pada model dan percobaan sedrhana siswa dapat menyebutkan bagian utama hewan.
F Siswa menjelaskan  mengenai unsur seni rupa .
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan bilangan dari 1 – 500  secara urut secara klasikal.
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat mengelompokkan jenis bidang dan bentuk.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama  3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru siswa dapat menyebutkan pengertian bilangan genap.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat mengelompokkan bilangan yang termasuk bilangan genap.
F Siswa dapat menyusun percakapan dan memberikan  tanggapan terhadap cerita teman.
F Siswa dapat menceritakan kembali isi bacaan.
F Membaca puisi dan menceritakan isi puisi secara individual.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke dua   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan tentang pengertian bilangan ganjil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat menyebutkan b10 bilngan ganjil dengan benar.
F Siswa dapat mengajukan pertanyaan dari bacaan teks  yang telah dibacakan
F Siswa disuruh membacakan teks pendek secara kelompok.
F Secara individual siswa menceritakan pengalaman / peristiwa yang berkesan pada waktu kecil.
F Siswa menuliskan riwayat keluarganya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga a   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa meniru/ menyebutkan kembali bilangan ganjil dari 21 – 41.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan bilangan ganjil dari 11 – 21.
F Siswa menceritakan kembali isi teks yang telah dijelaskan sesuai dengan kemampuannya.
F Siswa dengan lancar menceritakan isi bacaan dengan benar dan jelas.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke empat   3  x 35 menit  (B. Indonesia, PKn, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan bagian –bagian dari tumbuhan secara keseluruhan .
F Menjelaskan cerita yang didenagr dari guru/ orang lain.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyimpulkan isi teks pendek dari 10 – 15 kaliamt
F Siswa dapat menyebutkan beberapa contoh hidup rukun.
F Siswa dapat menyebutkan bagian utama dari tumbuhan yang ada di lingkungan rumah.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke lima    3  x 35 menit  (B. Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan cara memelihara dokumen pribadi
F Guru menjelaskan perbedaan bilangan genap dan bilangan ganjil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa dapat menyusun kalimat menjadi sebuah cerita yang baik.
F Siswa melengkapi sebuah cerita yang belum sempurna.
F Siswa membawa dokumen berupa foto-foto kegiatan masing-masing.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke enam   3  x 35 menit  (Matematika, Seni Budaya dan Keterampilan,IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Secara klasikal siswa menyebutkan bilangan genap
F Siswa  individual siswa menyebutkan bilangan genap.
F Siswa menyebutkan ciri-ciri benda padat dengan jelas.
F Siswa menjelaskan sifat benda padat dari hasil yang telah dijelaskan oleh guru.
F Siswa menjelaskan bentuk ritme dengan keseimbangan kesatuannya.
F Siswa dapat mengelompokkan berbagai ukuran yang telah ditentukan baik bintik, garis maupun bidang warna.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama    3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mampu menyebutkan bilangan ganjil dari 1 – 49.
F Siswa secara klasikal menyebutkan bilangan ganjil dari 1 – 49
F Siswa menuliskan kalimat sederhana dengan mengguankan huruf sambung.
F Siswa menuliskan kalimat yang didiktekan oleh guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke dua   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPS ).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penguasaannya siswa mampu mengulang bilangan 1 – 500 dengan diucapkan.
F Denagn penulisan secara berulang siswa dapat menuliskan bilangan ganjil dengan berurut dari terkecil ke terbesar dan sebaliknya.
F Menulis kalimat dengan mengguanakn huruf sambung
F Menyimak dan menuliskan kalimat dikte dengan memperhatikan huruf besar dan tanda baca.
F Dengan pendapatnya masing-masing siswa memberi komentar
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menyebutkan bilangan ganjil dari 11 – 21.
F Siswa meniru/ menyebutkan kembali bilangan ganjil dari 21 – 41.
F Siswa menceritakan kembali isi teks yang telah dijelaskan sesuai dengan kemampuannya.
F Siswa dengan lancar menceritakan isi bacaan dengan benar dan jelas.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke empat   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menuliskan kalimat denga  menggunakan huruf kapital yang benar.
F Guru mendiktekan  kalimat dengan menggunkan huruf kapital yang benar.
F Guru menceritakan pengalaman saling berbagi dengan teman.
F Siswa dapat menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke lima   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan kecepatannya siswa mampu menyebutkan bilangan ganjil.
F Siswa dengan cepat menyebutkan bilangan genap.
F Dengan penjelasan guru siswa dapat mempergunakan hurif kapital pada kalimat dengan benar.
F Dengan pendapat yang disampaikannya siswa berani berkomentar tentang peristiwa yang dialami oleh temannya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Pertemuan ke enam   3  x 35 menit  (Matematika, IPA, SBK )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dari perlombaan antar kelompok siswa menunjukkan keberaniannya untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh guru tentang bilangan ganjil dan bilangan genap.
F Siswa membedakan antara benda padat  dengan benda cair.
F Melalui pengamatan dan pengalaman siswa menyebutkan sifat benda cair dan padat.
F Dengan kekreatifannya siswa dapat menunjukkan sikap terhadap benda alam di sekitar.
F Melalui gerakan siswa membedakan gerakan angin sepoi-sepoi dengan angin ribut.
F Siswa meeragakan gerakan tari   yang menyerupai aliran air
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.  Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V.  Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial 2 SD kelas 1, Penerbit Buku relevan
F Buku Sains SD Kelas 2, Penerbit Buku relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2 SD , Penerbit Buku relevanPratama
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2, Penerbit Buku relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2, Penerbit Buku relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 2, Penerbit Buku relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 2, Penerbit Geugeur Sunten.
·         Alat Peraga  :
F Kartu bilangan
F Contoh benda cair, benda padat.
F Gambar  tanaman dan binatang.
F Lembar puisi.
F Contoh akte , kartu keluarga, KTP, Foto-foto keluarga.
VI.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.      PKn :
  • Menjelaskan arti rukun
  • Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
2.   IPS :
·         Menunjukkan dokumen diri dan keluarga
·         Menceritakan peristiwa yang berkesan  waktu kecil tentang diri dan keluarga  melalui dokumen.
·         Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi.
·         Menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
3.   IPA  :
·         Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
·         Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
·         Menjelaskan sifat benda padat
·         Menjelaskan sifat benda cair.
4.    Matematika  :
·         Menentukan bilangan 1 samapai 500
·         Menentukan bilangan lebih besar.
·         Menentukan bilangan lebih kecil.
·         Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
·         Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
·         Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
·         Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
·         Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
·         Menyebutkan pengertian bilangan genap.
·         Menyebutkan pengertian bilangan ganjil.
·         Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.
·         Mengurutkan bilangan ganjil  dari 1 – 21
·         Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20.
5. Bahasa Indonesia  :
·         Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·          Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·         Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·         Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
·         Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
·         Mendeklamasikan puisi
·         Menjelaskan isi puisi
·         Memperagakan percakapn
·         Membuat percakapan.
·         Memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
·         Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
·         Membaca teks dengan bersuara.
·         Mengajukan pertanyaan bacaan,
·         Menceritakan kembali isi bacaan.
·         Membaca puisi
·         menceritakan isi puisi..
·         Melengkapi cerita
·         Menyusun kalimat  menjadi cerita
·         Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·         Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
·         Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
·         Mengelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
·         Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
·         Memilih objek benda alam yang menarik.
·         Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
·         Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
·         Membedakan gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
·         Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang.
Tes lisan Tes tertulis
uraian
isian
2.      PKn :
  • Jelaskan arti rukun
  • Sebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
2.   IPS :
·         Tunjukkan dokumen diri dan keluarga
·         Ceritakan peristiwa yang berkesan  waktu kecil tentang diri dan keluarga  melalui dokumen.
·         Ceritakan cara memelihara dokumen pribadi.
·         Sampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
3.   IPA  :
·         Jelaskanlah bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
·         Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
·         Jelaskanlah sifat benda padat
·         Jelaskanlah sifat benda cair.
4.    Matematika  :
·         Tentukan bilangan 1 samapai 500
·         Tentukan bilangan lebih besar.
·         Tentukan bilangan lebih kecil.
·         Bandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
·         Bandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
·         Susunkanlah bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
·         Susunkanlah bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
·         Tuliskanlah  bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
·         Sebutkan pengertian bilangan genap.
·         Sebutkan pengertian bilangan ganjil.
·         Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.
·         Kurutkanlah bilangan ganjil  dari 1 – 21
·         Kurutkanlah bilangan genap dari 2 – 20.
5. Bahasa Indonesia  :
·         Dengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·         Jawabkanlah pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·         Ceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·         Nafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
·         Jawabkanlah  pertanyaan tentang isi puisi
·         Jelaskanlah puisi
·         Jelaskanlah isi puisi
·         Peragakan percakapn
·         Buatkanlah percakapan.
·         Berikanlah tanggapan terhadap cerita teman.
·         Jelaskanlah puisi dengan ekspresi yang tepat.
·         Bacakanlah teks dengan bersuara.
·         Ceritakan kembali isi bacaan.
·         Membaca puisi dengan benar ?
·         Ceritakan isi puisi..
·         Melengkapi cerita
·         Susunkanlah kalimat  menjadi cerita
·         Salinkanlah kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·         Tuliskanlah kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
·         Gunakan huruf capital dalam kalimat.
6 Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Kelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
·         Kelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
·         Gungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
·         Pilihkanlah objek benda alam yang menarik.
·         gungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
·         Pilihkanlah keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
·         Bedakanlah gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
·         Tunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang.
·   LKS
·   Lmbar observasi.
Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : …………………..
Anggota    :
  1. …………………………..
  2. ………………………….
  3. ………………………….
  4. ………………………….
  5. ………………………….
Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No
Peatalatan menggunakan listrik
Peralatan tidak menggunakan listrik
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10


Matahari dapat mengeringkan benda,
Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !
Nama Benda
R
Pakaian
Celana
Handuk
TV
Kasur
Topi
Lemari es
Komputer
Tas
A. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
2.
Kerjasama
Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1
4
2
1
3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7..
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….

19 Maret 2011 - Posted by | Belajar

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: