Inspirasi Belajar

Sebuah Inspirasi Perubahan

Tips memilih Perguruan Tinggi

Tidak ada yang paling didambakan saat ini bagi para pelajar Sekolah Menengah tingkat Atas (SLTA), kecuali jika dapat meneruskan pendidikannya ke tingkat lebih tinggi. Duduk di perguruan tinggi, apalagi dapat kelulusan untuk bisa memasuki Universitas yang memiliki nama besar, sarana lengkap dan tenaga pengajar berkualitas, pasti merupakan dambaan umumnya bagi calon mahasiswa.
Sebelum melangkah memasuki jenjang pendidikan tinggi, kita semua memiliki obsesi. Sejuta harapan digantungkan di sana. Biasanya dengan alasan klasik. Supaya kelak mudah mendapat pekerjaan layak, enak, memberi jaminan karier, terhormat atau mudah melangkah ke kehidupan berprestasi. Ada pula yang hanya sekedar mencari status bagi kepentingan jenjang pekerjaannya dan banyak pula yang memasuki perguruan tinggi benar-benar sebagai wahana belajar untuk cita-citanya.
Tapi, apakah kita semua sudah menyiapkan diri dan memahami, mengapa kita memasuki perguruan tinggi. Apakah kita sudah siap segalanya untuk mengambil jurusan yang kita pilih dengan segala konsekwensinya?

Pada umumnya siswa yang telah lulus dari SMA, SMEA, SMK dan jenjang sederajat lainnya akan melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri / PTN maupun Perguruan Tinggi Swasta / PTS. Pada perguruan tinggi terdapat penjurusan mahasiswa berdasarkan subyek mata kuliah yang diambil. Setiap jurusan memiliki materi dan sifat pembelajaran yang berbeda-beda. Jurusan yang memiliki sifat yang serupa akan digabung dalam suatu fakultas, akademi, sekolah tinggi, dan lain sebagainya.

Memilih jurusan kuliah bukan urusan yang mudah dan bukan persoalan yang sepele. Banyak faktor yang harus diperhitungkan dan dipikirkan masak-masak. Memilih secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal mulai dari kesadaran yang terlambat bahwa jurusa yang diambil tidak sesuai dengan kepribadian sampai pada drop out / DO atau dikeluarkannya seorang mahasiswa / mahasiswi karena dinyatakan tidak mampu mengikuti pendidikan yang diikutinya. Maka dari itu pemilihan jurusan sedini mungkin harus mulai dipertimbangkan. Salah pilih jurusan merupakan bencana dan kerugian yang besar bagi anda di masa depan.

Semua orang pasti memiliki cita-cita dan harapan ingin estabilished dalam hidup. Tidak disangkal pula jika perguruan tinggi menjadi referensi jembatan kesuksesan hidup. Namun, sebelum memasuki perguruan tinggi, ada baiknya kita mengenal kemampuan diri.

Untuk menggapai pintu kampus memang melalui perjuangan yang lumayan. Umumnya calon mahasiswa sangat mendambakan untuk masuk ke PTN, karena pertimbangan kualitas dan jaminan pasca kuliah untuk mendapat pekerjaan. Susahnya, dari sekian ribu calon mahasiswa, hanya sepersekiannya saja yang dapat diterima. Jika sudah begini, upaya-upaya lain harus ditempuh, misalnya dengan melalui bimbingan belajar (bimbel) atau berupaya untuk mendapatkan beasiswa. Jika memiliki presatasi akademikpun, masalah biaya tetap menjadi faktor penentu seperti yang diutarakan di atas.

Cara milih jurusan di Perguruan Tinggi yang baik :

1. Menyesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat

2. Informasi yang Sempurna

3. Lokasi dan Biaya

4. Daya Tampung Jurusan / Peluang Diterima

5. Masa Depan Karir dan Pekerjaan

26 Maret 2011 - Posted by | pendidikan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: