Inspirasi Belajar

Sebuah Inspirasi Perubahan

Mau, Kuliah Berbahasa Inggris di Jepang?

Pemerintah Jepang sedang gencar meningkatkan jumlah siswa asing dengan target sampai 300.000 mahasiswa. Kementrian Pendidikan Kebudayaan Olahraga Ilmu Pengetahaun dan Teknologi Jepang meluncurkan “Global 30”, yakni proyek pendirian universitas inti sebagai program internasionalisasi.

Bidang teknik, teknologi ramah lingkungan, hingga manajemen bencana, termasuk bidang studi unggulan di Jepang.
— Seiko Namba

Sebanyak 13 perguruan tinggi negeri dan swasta yang hadir di Indonesia pada 2009 telah dipilih sebagai lembaga inti untuk menerima dan mendidik siswa asing. Universitas-universitas ini memainkan peran utama dalam meningkatkan secara dramatis jumlah siswa asing yang dididik di Jepang dan mahasiswa Jepang yang belajar di luar negeri.

Seiko Namba, Atase Pers Kedutaan besar Jepang untuk Indonesia, di Jakarta, Selasa (10/5/2011) kemarin, mengatakan bahwa banyak mata kuliah ditawarkan dalam bahasa Inggris di 13 universitas terpilih di bawah Proyek “Global 30” ini. Seiko mengatakan, bidang teknik, teknologi ramah lingkungan, hingga manajemen bencana, termasuk bidang studi unggulan di Jepang.

Diberitakan sebelumnya, Selasa (10/5/2011), Kedutaan Besar Jepang telah membuka pendaftaran bagi siswa-siswi lulusan SMA Indonesia untuk mendapatkan beasiswa kuliah mulai tahun akademik 2012 dari Pemerintah Jepang atau Monbukagakusho. Beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Jepang itu ditawarkan untuk menempuh studi jenjang D-2, D-3, dan S-1.

Bagi yang berminat, pelamar bisa mengambil formulir pendaftaran di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya dan Medan, serta Kantor Konsuler Jepang di Makassar mulai 9 Mei. Usia pelamar diutamakan harus lahir antara tanggal 2 April 1990 dan 1 April 1995, memiliki nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester terakhir minimal 8,0 untuk program D-2 dan D-3. Adapun untuk program S-1 nilai minimalnya adalah 8,4. (ELN)

13 Mei 2011 - Posted by | Beasiswa

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: