Inspirasi Belajar

Sebuah Inspirasi Perubahan

Peraih UN Tertinggi Terancam Tak Kuliah

Faktor biaya menjadi kendala utama bagi Chantika Padmadewi (18), siswi SMKN 8 Kota Malang, Jawa Timur, peraih nilai ujian nasional (UN) tertinggi tingkat SMK di Jawa Timur, untuk melanjutkan studi ke bangku kuliah. Ditemui di SMKN 8, Kota Malang, Senin (16/5/2011), seusai mengikuti pengumuman kelulusan, Chantika mengaku dirinya belum tentu bisa melanjutkan ke bangku kuliah.

“Saya belum tentu melanjutkan kuliah karena keluarga saya tak ada biaya, katanya,” ucap Chantika.

Chantika mengaku, sebenarnya dirinya ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi.

“Saya sebenarnya ingin melanjutkan ke Politeknik Negeri Malang, mau ambil jurusan Teknik Informatika. Tapi tidak tahu, apa ada biaya,” kata anak dari pasangan Jonjang Himawan dan Tutik Arumi ini.

Di SMKN 8 Kota Malang, Chantika adalah siswi jurusan Teknik Komputer Jaringan. “Saya masih bingung antara melanjutkan kuliah atau bekerja untuk membantu keluarga,” ujarnya.

Saat ini Chantika sudah mendaftar di Politeknik Jurusan Teknik Informatika melalui jalur PMDK dan masih dalam tahap seleksi.

“Semoga saja bisa kuliah dengan nilai yang saya peroleh itu,” harapnya.

Sementara itu, menanggapi keinginan anaknya tersebut, Jonjang Himawan, ayah Chantika, saat dihubungi via telepon mengaku akan berusaha semaksimal mungkin agar anaknya bisa melanjutkan studi.

“Karena saya harus mempersiapkan biaya senilai Rp 10 juta untuk biaya daftar ulang. Kalau demikian, berarti saya harus mempersiapkan biaya sebesar Rp 20 juta. Karena harus menguliahkan dua anak saya yang sama-sama lulus tahun ini,” akunya.

Chantika Padmadewi adalah saudara dari Ayunda Prima Dewi, dari pasangan Jonjang Himawan dan Tutik Arumi.

“Jadi, kalau ada biaya, keduanya saya kuliahkan. Kalau tidak ada biaya, ya, terpaksa keduanya langsung cari kerja membantu kami,” kata Jonjang.

Jonjang juga berharap Pemerintah Kota Malang dapat mengapresiasi prestasi putrinya tersebut dengan ikut membantu meringankan biaya masuk kuliah Chantika. Jonjang saat ini bekerja sebagai tenaga administrasi di Rumah Sakit Jiwa dr Radjiman Widyadiningrat, Lawang, Malang.

“Sebenarnya uang Rp 10 juta saja bagi kami sudah cukup berat. Kami juga merasa keberatan dengan biaya kuliah di Politeknik Negeri Malang itu. Tapi, itu hak kampus. Semoga saja Chantika bisa kuliah dan ada biaya,” katanya.

Di tempat yang berbeda, Kepala Urusan Humas SMKN 8 Kota Malang Trisno Budi mengatakan, pihak SMKN 8 juga akan membicarakan hal tersebut dengan pihak Dinas Pendidikan Kota Malang.

“Siapa tahu ada penghargaan atas prestasi Chantika itu,” ujarnya.

“Yang jelas, pihak sekolah akan mengusahakan agar Chantika bisa mendapat beasiswa penuh untuk melanjutkan kuliahnya nanti. Prestasi Chantika meraih nilai UN tertinggi se-Jatim untuk SMKN itu adalah prestasi luar biasa,” katanya.

16 Mei 2011 - Posted by | Ujian Nasional

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: