Inspirasi Belajar

Sebuah Inspirasi Perubahan

Beasiswa Kuliah Mahasiswa S-1 dan S2

Pendaftaran beasiswa “National Champion Scholarship” tahun penerimaan 2011/2012 bagi mahasiswa dari Tanoto Foundation kembali dibuka. Tersedia 200 beasiswa untuk mahasiswa S-1 dan 30 mahasiswa S-2 di Indonesia.

Beasiswa ini tersedia bagi mahasiswa berprestasi dari tujuh perguruan tinggi negeri mitra Tanoto Foundation, yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Jambi (UNJA), Universitas Riau (UNRI), dan Universitas Sumatera Utara (USU). Adapun beasiswa S-2 disediakan untuk mahasiswa dari IPB, ITB, UGM, dan UI.

Pendaftaran dibuka melalui registrasi online mulai tanggal 21 Mei – 30 Juni 2011. Beasiswa Tanoto Foundation meliputi biaya kuliah setiap semester sampai dengan Rp 3 juta untuk jenjang S-1 dan sampai dengan Rp 15 juta untuk jenjang S-2.  

Selain itu, setiap penerima beasiswa jugamenerima tunjangan bulanan Rp 500.000,- untuk jenjang S-1 dan Rp 1.200.000,- untuk jenjang S-2. Mereka juga mendapatkan beragam program pembekalan serta kesempatan untuk menjajaki peluang kerja di grup perusahaan yang terafiliasi dengan Tanoto Foundation.

Persyaratan utama “National Champion Scholarship” jenjang S-1 adalah prestasi tinggi dengan IPK minimum 3,00 (skala 4,00), berusia maksimum 21 tahun, dan berasal dari keluarga dengan kemampuan ekonomi yang terbatas. Jika pelamar baru duduk di tahun pertama PTN, minimum nilai rata-rata raport kelas 3 SMU adalah 8,00 (skala 10).

Untuk jenjang S-2, minimum IPK adalah 3,25 (skala 4,00). Persyaratan lainnya adalah: berusia maksimum 40 tahun dan memiliki pengalaman kerja minimum dua tahun setelah menyelesaikan program S-1.

Ratih Loekito, Direktur Program Beasiswa Tanoto Foundation, di Jakarta, Rabu (25/5/2011), mengatakan program National Champion Scholarship berupaya untuk menyediakan akses terhadap pendidikan yang berkualitas tinggi bagi para mahasiswa berprestasi yang memiliki keterbatasan finansial.

“Kami percaya melalui pendidikan yang baik, bibit-bibit unggul ini akan dapat mendapatkan pekerjaan yang layak atau bahkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan sehingga hal ini dapat membantu untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia,” jelas Ratih.

Proses seleksi beasiswa “National Champion Scholarship” terdiri dari tiga tahapan, yaitu seleksi dokumentasi, psikotes dan wawancara. “Melalui proses seleksi beasiswa yang cukup panjang ini, kami berharap para penerima beasiswa Tanoto Foundation tidak hanya cakap dalam prestasi akademik, tetapi juga berjiwa kepemimpinan serta memiliki akhlak yang baik di masyarakat,” tambah Ratih.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa dilihat di http://www.tanotofoundation.org.

25 Mei 2011 - Posted by | Beasiswa

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: