Inspirasi Belajar

Sebuah Inspirasi Perubahan

Inspirasi Beasiswa

Milis beasiswa menjadi arena berbagai, sharing, saling memberikan informasi, dan saling berinteraksi lainnya diantara para stake holders beasiswa. Tentu dibutuhkan sebuah wadah yang secara aktif mengelola dan membimbing para pencari dan calon penerima beasiswa untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada rekan-rekan yang tergabung di milis-milis tersebut.

Saat ini sudah banyak milis beasiswa terbentuk. Kebanyakan dari mereka beranggotakan orang-orang yang belum dan ingin mendapatkan beasiswa. Ada pula orang-orang yang sudah merasakan beasiswa dan dari merekalah berbagai ilmu dan tetek bengek lainnya didapatkan. Secara aktif dan kontinu mereka saling berinteraksi melalui dunia maya untuk saling menginformasikan segala perkembangan mengenai beasaiswa ke berbagai negara di dunia.

Banyak Keuntungan

Banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan mengikuti milis tersebut. Puluhan orang saling memberikan informasi, dimanapun dan kapanpun. Mereka terdiri dari mahasiswa dari berbagai strata yang pernah ataupun belum mendapatkan beasiswa, kalangan umum, dan sebagainya. Selain berkomunikasi secara maya, dalam kondisi tertentu mereka pun kadang menggelar kopi darat untuk saling mengenal secara terbuka dan nyata.

Dalam milis tersebut share informasi dilakukan secara terbuka. Semua elemen yang tergabung dalam milis tersebut bisa mendapatkan informasi tersebut tanpa dipilah-pilih.

Misalnya, seseorang yang bertanya mengenai persyaratan untuk mengajukan beasiswa ke kementrian pendidikan nasional kepada sesama anggota milis yang dianggap kompeten karena pernah menerima beasiswa dari Kemendiknas, maka informasi dari jawaban tersebut jelas akan juga didapatkan oleh anggota yang lain.

Selain itu, bergabung di milis beasiswa kita bisa mengetahui kondisi secara riil dari berbagai rintangan dan tantangan yang dihadapi karena ada feedback. Berbeda dengan membaca buku-buku panduan untuk mendapatkan beasiswa misalnya, di milis kita akan langsung mendapatkan jawaban yang rata-rata memuaskan berkenaan dengan aneka rupa penasaran yang ada di benak.

Dari mulai, persyaratan beasiswa, tips untuk menghadapi wawancara, tes apa saja yang bakal dilalui, mengurus paspor, menentukan universitas, biaya hidup di negara yang akan dituju, etc semuanya bisa didapatkan dari milis ini. Terlebih, hampir setiap hari kita juga tak akan luput dari adanya informasi mengenai beasiswa dari berbagai departemen, institusi baik dalam mauipun luar negeri.

Mempersiapkan Diri

Dari berbagai input yang diperoleh dengan bergabung ke milis beasiswa, intinya bahwa bagi semua orang yang berminat untuk mendapatkan beasiswa harus pandai-pandai mencari kesempatan dan mempersiapkan diri secara matang baik teknis maupun mental. Persiapan teknis misalnya, dengan makin meningkatkan nilai TOEFL sebagai persyaratan baku, kemampuan linguistik untuk menghadapi wawancara, dsb.

Namun demikian, dengan ikutnya di milis beasiswa yang secara konsisten membimbing para calon penerima beasiswa sampai ke hal-hal yang remeh temeh. Maka jangan khawatir kita tak akan lolos penerimaan beasiswa.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: